Arsip Blog

Kamis, 28 Mei 2009

36 Guru Mantapkan Kurikulum

Edisi : Rabu, 27.Mei.2009 | 06:16 wib
PANGKALPINANG, bangkapos.com -- Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas menggelar seminar, workshop dan evaluasi yang diikuti tim pengembangan kurikulum (TPK) Pangkalpinang di Dinas Pendidikan (Disdik) Pangkalpinang, Selasa (26/5).

Sebanyak 36 orang TPK mulai tingkat PAUD, TK hingga SMA/SMK menghadiri kegiatan tersebut sebagai bahan masukan menyusun kurikulum sesuai standar Depdiknas.

"Diberlakukan di 461 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Kurikulum disusun sesuai dengan perkembangan iptek dan tidak meninggalkan kompetensi, budaya, kebiasaan di daerah masingmasing," kata salah seorang tim dari Depdiknas, Budi Harta didampingi Kepala Disdik Pangkalpinang Edison Taher.

Saat ini, muatan lokal diserahkan kepada sekolah masingmasing untuk menjalankannya. Ke depan, kata Budi, Depdiknas akan merancang sistem kredit semester (SKS) untuk pelaksanaan kurikulum di sekolah. "Itu kita khususkan untuk sekolah berstandar internasional. Kurikulum SKS itu diwajibkan untuk SMA/SMK. Ujian nasional bisa dua kali setahun," tambahnya.

Dilanjutkan Edison, peserta seminar dipilih dari para guru terbaik untuk TPK. Usai menerima materi, mereka dapat membagi pengetahuan dengan guruguru lain di sekolah masingmasing. (day)

sumber: bangka pos cetak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar