Arsip Blog

Minggu, 31 Mei 2009

Pelatihan untuk Siswa Putus Sekolah

(Palembang, 18 Februari 2009) Sebanyak 34 siswa putus sekolah di Kota Palembang berhasil mengikuti Program Pelatihan dan Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH). Kegiatan pelatihan PKH merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang dengan SMK Negeri 6 Palembang. Kegiatan berlangsung selama dua bulan,yakni 17 Desember 2008-18 Februari 2009.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Herman Burhan melalui Kasi Tenaga Teknis PNF Disdikpora Kota Palembang Mgs A Fathoni Husin Umrie mengatakan, PKH merupakan program pemerintah pusat melalui dana APBN untuk membantu memberikan keterampilan bagi masyarakat yang belum bekerja atau pengangguran.

“Peserta PKH Termasuk siswa lulusan SMA namun belum bekerja atau ibu rumah tangga yang tidak memiliki keahlian,” jelasnya usai acara penutupan pelatihan PKH di aula SMK Negeri 6 Palembang, Senin (17/7).

Masyarakat yang boleh mengikuti pelatihan PKH dibatasi dari usia 18 hingga 30 tahun dan merupakan usulan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Ketua RT atau pihak Kelurahan. Program PKH ini menurut Fathoni dilaksanakan di tujuh lokasi yakni tiga PKBM, tiga tempat kursus dan SMK Negeri 6 Palembang.

Menyangkut pendanaan, setiap lembaga diberikan antara Rp10 juta-60 juta yang disesuikan dengan program dan proposal yang telah diajukan.

“Diharapkan, melalui PKH ini masyarakat dapat membangun ekonomi keluarga dan membuka lapangan kerja sehingga secara otomatis dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM),”ujar Fathoni.

Kepala SMK Negeri 6 Hernawati mengatakan, pihaknya telah memberikan pelatihan tentang berbagai ilmu tata boga selama lebih tiga bulan kepada 34 remaja putri. Untuk pelatihan tersebut, pemerintah memberikan bantuan dana sebesar Rp 60 juta yang digunakan untuk biaya transport peserta, bahan praktek dan sarana prasarana lainnya.

Melalui kegiatan PKH, peserta diberikan pendidikan teori dan praktek kewirausahaan, hygiene sanitasi, continental, oriental, pembuatan kue dan makanan ala barat, dan masakan tradisional.Selain itu,para peserta diberikan keterampilan kursus menjahit,dan otomotif. (sindo)
Dipublikasi oleh : Darmawansyah Kusnady

Sumber : http://www.palembang.go.id/2007/?mod=1&id=372

Tidak ada komentar:

Posting Komentar