Arsip Blog

Minggu, 31 Mei 2009

Bethany School Terapkan Kurikulum Internasional

Selasa, 12 Mei 2009 10:07
Jayapura (ANTARA News) - Bethany International School, salah satu sekolah berbasis agama di Jayapura, Papua menerapkan kurikulum bertaraf internasional dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Kepala Sekolah Bethany International School, Juliana Anakotta Sarioa,SE,M.Th di Jayapura, Selasa mengatakan, kurikulum internasional tersebut diadopsi dari Southern Cross Educational Enterprises (SCEE) Australia yang disebut Accelerate Christian Education (ACE).

"Artinya, kami terapkan sistem belajar individu dimana anak belajar secara mandiri," ujarnya.

Dengan tata belajar demikian, menurutnya setiap anak dapat memaksimalkan kemampuan dirinya secara cepat dalam mempelajari bidang-bidang studi yang dipelajari tanpa metode klasikal dimana proses belajar dilakukan secara kolektif.

Oleh karena itu, sekolah internasional ini merupakan "sekolah satu atap" atau dengan kata lain "sistem K-12" yaitu mulai Kindergarten (tingkat Taman Kanak-kanak/TK) hingga kelas 12 atau setara kelas III Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Dengan demikian, dalam menjalankan proses belajar mengajar dan mengukur kemajuan belajar siswa dilakukan dengan sistem satuan kredit untuk setiap bidang studi seperti halnya di tingkat perguruan tinggi.

Dengan sistem ini, siswa yang mampu memahami pelajaran di tingkat lanjut dapat meneruskan ke jenjang berikutnya tanpa mengikuti jalur reguler seperti pada umumnya.

"Anak berusia 15 tahun, jika dia mampu memahami materi kuliah di perguruan tinggi maka bisa saja masuk universitas," kata Juliana.

Sekolah berkurikulm internasional yang telah berdiri sejak tahun 2002 ini menekankan para siswa untuk membangun karakter personal yang baik. Selain itu, materi pelajaran lainnya adalah matematika, ilmu-ilmu sosial, sains, word building, seni, musik, komputer dan lain sebagainya. Bidang studi ini dipelajari para siswa belajar selama lima hari dalam seminggu.

Selain kurikulum internasional, sekolah ini pun menerapkan kurikulum nasional yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional.

Kombinasi ini terletak pada sebagian materi pelajaran yang diberikan kepada para siswa juga mengikuti standar nasional. Disamping itu, para siswa juga terdaftar dan tetap mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) untuk mendapatkan ijazah kelulusan di setiap tingkatan sekolah.

Bethany International School merupakan percabangan sekolah internasional yang di kawasan Asia Pasifik berada di Queensland, Australia. Sedangkan secara internasional berada di Texas, Amerika Serikat (AS).
(T.PK-LWA/P007)

Sumber: http://antara-sulawesiselatan.com/Kawasan-Timur-Indonesia/bethany-school-terapkan-kurikulum-internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar