Arsip Blog

Minggu, 31 Mei 2009

PENERAPAN CTL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA1

SELAYANG PANDANG PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL



CTL: filosofi pendidikan dan kontinum strategi pedagogik

Filosofi pendidikan: berasumsi bhw pendidik mempunyai peranan penting membantu siswa menemukan makna di dalam pendidikannya dengan mengaitkan apa yang mereka pelajari di kelas dengan bagaimana penerapan pengetahuan itu dunia nyata.

Strategi pedagogik, ctl berisi teknik-teknik yang dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan reflektif terhadap pengalaman-pengalamannya

Ctl bukan konsep baru.

Dewey (1916)à learning by doing

1970-an à experiential learning

1970-an—1980-an à applied learning

1990-an àschool to work

2000-an à contextual teaching and learning (CTL)

Enam elemen penting CTL:

Meaningful learning

Application of knowledge

Higher order thinking: critical and creative thinking in collecting data, understanding issue, and solving a problem

Standards-related curricula (local, state, national, association, and industry standards).

Cultural responsiveness

Authentic assessment/multiple assessment strategies

Prinsip-prinsip penerapan CTL

Merencanakan pembelajaran sesuai dengan kewajaran perkembangan siswa

Menyediakan lingkungan yang mendukung pembelajaran mandiri, aktif, dan kreatif

Membentuk dan memanfaatkan kelompok belajar secara tepat

Memperhatikan keragaman siswa

Memperhatikan kecerdasan majemuk siswa

Memanfaatkan beragam teknik pembelajaran, terutama bertanya, memecahkan masalah, dan berpikir tingkat tinggi

Mengutamakan asesmen otentik



PERENCANAAN PEMBELAJARAN BI SECARA KONTEKSTUAL

Wujudkan prinsip-prinsip CTL dalam:

tujuan pembejaran

bahan ajar

kegiatan belajar

media pembelajaran

instrumen asesmen pembelajaran

Perumusan tujuan pembelajaran secara kontekstual

Tujuan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa

Tujuan pembelajaran sedapat mungkin mengembangkan seluruh kecerdasan siswa

Tujuan pembelajaran untuk menyiapkan siswa memasuki kehidupan dan bukan hanya menghadapi ujian

Pengembangan bahan pembelajaran

Bahan pembelajaran otentik lebih diutamakan dan berasal dari beragam sumber

Bahan pembelajaran yang kaya dan bervariasi

Bahan pembelajaran menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa

Pengembangan kegiatan pembelajaran

Menerapkan prinsip konstruktivisme, inkuiri, pemodelan, dan prinsip CTL lainnya

Memanfaatkan beragam teknik pembelajaran

Siswa sebagai subjek

Pemilihan media/sumber belajar

Menggunakan media/sumber belajar secara bervariasi

Menggunakan media/sumber belajar yang memungkinkan terlaksananya pembelajaran yang bermakna

Mengutamakan penggunaan media/sumber belajar yang mendorong siswa mengembangkan potensi berbahasa secara optimal

Pengembangan instrumen asesmen

Mengutamakan penggunaan instrumen otentik asesmen

Menggunakan beragam instrumen asesmen

Sedapat mungkin memanfaatkan konteks alamiah dalam melaksanakan asesmen



IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BI SECARA KONTEKSTUAL

Implementasi pembelajaran BI secara kontekstual mementingkan aktualisasi prinsip-prinsip CTL dalam keseluruhan tahapan pembelajaran (awal, inti, penutup)

Kegiatan pembelajaran yang bernuansa CTL mengutamakan pengembangan kemampuan berpikir dan berbahasa secara sinergis

Pembelajaran bernuansa CTL menempatkan komunitas belajar sebagai bagian sangat penting untuk mengaktualisasikan kemampuan berpikir dan berbahasa sekaligus

Pemanfaatan beragam teknik pembelajaran dilaksanakan secara fungsional dan bermakna



PENUTUP

Perencanaan pembelajaran BI secara kontekstual merujuk kepada bagaimana prinsip-prinsip kontekstual diwujudkan dalam proses pengembangan dokumen perencanaan pembelajaran BI

Implementasi pembelajaran BI secara kontekstual merupakan aktualisasi prinsip-prinsip kontekstual dalam pelaksanaan pembelajaran BI di sekolah

Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran BI secara kontekstual dilakukan secara menyeluruh dan konsisten pada seluruh komponen perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran BI

Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran BI secara kontekstual diabdikan untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran BI secara optimal



DAFTAR BACAAN

Bern, Robert G. dan Patricia M. Erickson. 2001. CTL: Preparing Student for A New

Economy. (online) (http://www.nccte.org/publication) (diakses 15 Januari 2001)

Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya

dalam KBK. Malang: UM Press

Owens, Thomas. 2000. Definition and Key Elements of CTL. (online)


Sumber: (http://www.nccte.org/publication) (diakses 15 Januari 2001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar