SELAYANG PANDANG PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
CTL: filosofi pendidikan dan kontinum strategi pedagogik
Filosofi pendidikan: berasumsi bhw pendidik mempunyai peranan penting membantu siswa menemukan makna di dalam pendidikannya dengan mengaitkan apa yang mereka pelajari di kelas dengan bagaimana penerapan pengetahuan itu dunia nyata.
Strategi pedagogik, ctl berisi teknik-teknik yang dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan reflektif terhadap pengalaman-pengalamannya
Ctl bukan konsep baru.
Dewey (1916)à learning by doing
1970-an à experiential learning
1970-an—1980-an à applied learning
1990-an àschool to work
2000-an à contextual teaching and learning (CTL)
Enam elemen penting CTL:
Meaningful learning
Application of knowledge
Higher order thinking: critical and creative thinking in collecting data, understanding issue, and solving a problem
Standards-related curricula (local, state, national, association, and industry standards).
Cultural responsiveness
Authentic assessment/multiple assessment strategies
Prinsip-prinsip penerapan CTL
Merencanakan pembelajaran sesuai dengan kewajaran perkembangan siswa
Menyediakan lingkungan yang mendukung pembelajaran mandiri, aktif, dan kreatif
Membentuk dan memanfaatkan kelompok belajar secara tepat
Memperhatikan keragaman siswa
Memperhatikan kecerdasan majemuk siswa
Memanfaatkan beragam teknik pembelajaran, terutama bertanya, memecahkan masalah, dan berpikir tingkat tinggi
Mengutamakan asesmen otentik
PERENCANAAN PEMBELAJARAN BI SECARA KONTEKSTUAL
Wujudkan prinsip-prinsip CTL dalam:
tujuan pembejaran
bahan ajar
kegiatan belajar
media pembelajaran
instrumen asesmen pembelajaran
Perumusan tujuan pembelajaran secara kontekstual
Tujuan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa
Tujuan pembelajaran sedapat mungkin mengembangkan seluruh kecerdasan siswa
Tujuan pembelajaran untuk menyiapkan siswa memasuki kehidupan dan bukan hanya menghadapi ujian
Pengembangan bahan pembelajaran
Bahan pembelajaran otentik lebih diutamakan dan berasal dari beragam sumber
Bahan pembelajaran yang kaya dan bervariasi
Bahan pembelajaran menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa
Pengembangan kegiatan pembelajaran
Menerapkan prinsip konstruktivisme, inkuiri, pemodelan, dan prinsip CTL lainnya
Memanfaatkan beragam teknik pembelajaran
Siswa sebagai subjek
Pemilihan media/sumber belajar
Menggunakan media/sumber belajar secara bervariasi
Menggunakan media/sumber belajar yang memungkinkan terlaksananya pembelajaran yang bermakna
Mengutamakan penggunaan media/sumber belajar yang mendorong siswa mengembangkan potensi berbahasa secara optimal
Pengembangan instrumen asesmen
Mengutamakan penggunaan instrumen otentik asesmen
Menggunakan beragam instrumen asesmen
Sedapat mungkin memanfaatkan konteks alamiah dalam melaksanakan asesmen
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BI SECARA KONTEKSTUAL
Implementasi pembelajaran BI secara kontekstual mementingkan aktualisasi prinsip-prinsip CTL dalam keseluruhan tahapan pembelajaran (awal, inti, penutup)
Kegiatan pembelajaran yang bernuansa CTL mengutamakan pengembangan kemampuan berpikir dan berbahasa secara sinergis
Pembelajaran bernuansa CTL menempatkan komunitas belajar sebagai bagian sangat penting untuk mengaktualisasikan kemampuan berpikir dan berbahasa sekaligus
Pemanfaatan beragam teknik pembelajaran dilaksanakan secara fungsional dan bermakna
PENUTUP
Perencanaan pembelajaran BI secara kontekstual merujuk kepada bagaimana prinsip-prinsip kontekstual diwujudkan dalam proses pengembangan dokumen perencanaan pembelajaran BI
Implementasi pembelajaran BI secara kontekstual merupakan aktualisasi prinsip-prinsip kontekstual dalam pelaksanaan pembelajaran BI di sekolah
Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran BI secara kontekstual dilakukan secara menyeluruh dan konsisten pada seluruh komponen perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran BI
Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran BI secara kontekstual diabdikan untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran BI secara optimal
DAFTAR BACAAN
Bern, Robert G. dan Patricia M. Erickson. 2001. CTL: Preparing Student for A New
Economy. (online) (http://www.nccte.org/publication) (diakses 15 Januari 2001)
Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya
dalam KBK. Malang: UM Press
Owens, Thomas. 2000. Definition and Key Elements of CTL. (online)
Sumber: (http://www.nccte.org/publication) (diakses 15 Januari 2001)
Label
Arsip Blog
-
▼
2009
(108)
-
▼
Mei
(103)
- Masa Bimbingan Siswa
- PENGETAHUAN JURNALISTIK MERUPAKAN MODAL BAGI SISWA
- Pelatihan untuk Siswa Putus Sekolah
- Sekolah Rusak Rampas Hak Siswa Raih Layanan Pendid...
- Tidak Ada Alasan Menahan Rapor yang Menjadi Hak Siswa
- Pendidikan yang Menghargai Hak Siswa
- Pelayanan-pelayanan untuk Para Siswa
- Manajemen Kesiswaan
- Tercabulinya hak pribadi siswa
- Tahun Ajaran Baru, Terapkan Penilaian dengan Porto...
- Hardiknas 2009: Pendidikan Sains, Teknologi, dan S...
- Sistem Penilaian Ktsp Sma - Presentation Transcript
- YUG Bantu Pembangunan Sarana Pendidikan di Banten,...
- Teknik non-Tes dalam Pengajaran membaca
- Menyedihkan! Sarana Pendidikan Belum Sentuh Huta P...
- Diskriminasi Melanggar UU Pendidikan
- INFORMASI PELAYANAN PENDIDIKAN
- Lagi, Gedung SD Roboh di Jombang
- STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
- Belajar Bahasa Indonesia Tak Menarik Lagi
- Sastra Pertunjukan? Gampang!
- PENGERTIAN PAKEM
- Home Community Artikel Untukmu Guruku Konstruks...
- Penilaian Berbasis Kelas
- Pembelajaran Seni Budaya itu Menarik dan Menyenangkan
- Pemkot Terapkan Pembelajaran Sains Menarik Di Sekolah
- PENGARUH MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATI...
- Awas, "Bom Sosial" dari Sekolah Nasional Plus
- PENERAPAN CTL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA1
- Sekolah nasional bertaraf internasional
- Kurikulum Sekolah Internasional Harus Mengacu Kult...
- Bethany School Terapkan Kurikulum Internasional
- EVALUASI PEMBELAJARAN
- Kurikulum Untuk Anak Usia Dini, Perlukah?
- Selalu Berjubel di SD 1 Pagerejo
- 15 SARANA RUSAK
- Kurikulum Pendidikan Usia Dini
- 867 SD/MI di Banjarnegara Rusak
- PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERBASIS WEB
- SARANA PENDIDIKAN
- Peran Aktif Internet dalam Pembelajaran Siswa di S...
- Sekolah Gratis Akan Perlambat Perbaikan Sarana Pen...
- PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME
- Pembelajaran Aktif
- Joyful Learning sebagai Landasan Pembelajaran Sisw...
- BELAJAR BERFIKIR DENGAN MELIBATKAN OPERASI MENTAL
- BAGAIMANA MENGAJAR ANAK CERDAS ISTIMEWA?
- 3 PILAR PEMBINAAN KESISWAAN
- Tingkatkan Mutu Siswa Lewat Profesional Guru
- Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar melalui Manajem...
- KETIDAKADILAN DALAM KEBIJAKAN PENDIDIKAN
- Surplus Institusi pendidikan yang dikecualikan dar...
- PEMERINTAH JANGAN RAGU-RAGU BANGUN SARANA DAN PRAS...
- UTAMAKAN LAYANAN PENDIDIKAN, SARANA PRASARANA BELA...
- FASILITAS PENDIDIKAN UNTUK ANAK CACAT, MINIM
- MASALAH PENDIDIKAN DI INDONESIA
- PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
- CTL YANG CENTIL KITA SENTIL....!!!
- KONSEP KE-PERBEDAAN DALAM PENDIDIKAN
- Manfaat Manajemen Kurikulum Pendidikan Dalam Peng...
- Kurikulum untuk Pluralitas Kebutuhan Belajar Indiv...
- Artikel: KURIKULUM / SILABUS BERDIFERENSIASI
- Memasukkan Konsep Sekolah Ramah Anak ke dalam Pend...
- Link and match: Keterkaitan dunia industri dan dun...
- KURIKULUM PENDIDIKAN DAN ANTI KORUPSI
- Berhasil Bina Sepakbola, Sukses Pimpin Sekolah
- TANTANGAN GURU TERHADAP PARADIGMA KTSP...
- GURU SEMAKIN MATERIALISTIK
- GURU SEBAGAI PENGELOLA KELAS
- BAGAIMANA MENJADI GURU YANG BAIK (PROFESIONAL)???
- MENCARI SOSOK GURU IDEAL
- GURU MENDATANG MINIMAL SARJANA ATAU BERSERTIFIKAT
- PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU DALAM PERSPEKTIF TEKN...
- 800 Juta Untuk Pelatihan Guru SD Korban Gempa Bant...
- PROFIL GURU MASA DEPAN
- MESSAGE FROM GROUP MODERATOR
- PROFIL GURU MASA DEPAN
- TIPE-TIPE PEMIMPIN & FIGUR GURU MASA DEPAN
- SERTIFIKASI GURU ANTARA HARAPAN DAN TANTANGAN
- STOP SERTIFIKASI GURU!!!
- Seorang Dosen Harus Serius Lakukan Evaluasi Kegiat...
- PAK GURU, JANGAN "TEXT BOOK" DONK!!!!
- UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN) SEBAGAI ISSUE KRITIS PE...
- KENAPA SEKOLAH NEGERI RATA-RATA KURANG DISIPLIN DI...
- KENAPA SEKOLAH STANDAR INTERNASIONAL MAHAL???
- SEKOLAH MAHAL = HASILNYA BAIK?
- MAHALNYA PENDIDIKAN BERKUALITAS
- Biaya Pendidikan Sekolah Bisa Terasing dari Publik
- 36 Guru Mantapkan Kurikulum
- Pendidikan Gratis dan Nasib Sekolah Swasta
- Selamat Menempuh Ujian Nasional
- :UN yang Tak Perlu Ada
- Tinjauan Teoritis dan Praktis Evaluasi Pelaksanaan...
- PEMBIAYAAN PENDIDIKAN TINGGI Pembiayaan Pendidikan...
- MALAYSIA GRATISKAN BIAYA PENDIDIKAN DASAR DAN MENE...
- Achmad Jabir: Pendidikan kita terlalu banyak akses...
- Achmad Jabir: Pendidikan kita terlalu banyak akses...
- Pembiayaan Pendidikan dalam Islam
- TUJUH PROVINSI BELUM TEKEN AKAD PEMBIAYAAN PENDIDIKAN
- Diskusi Terfokus NGO : Review Kebijakan Pembiayaan...
-
▼
Mei
(103)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar