Arsip Blog

Minggu, 31 Mei 2009

Lagi, Gedung SD Roboh di Jombang

JOMBANG - Satu persatu gedung sekolah dasar tak layak huni di Kabupaten Jombang bertumbangan. Kali ini, satu ruangan kelas di SDN Mentaos, Gudo, Jombang, roboh lantaran rapuhnya bangunan.

Kondisi bangunan sekolah yang sudah dimerger sejak 2005 lalu itu memang terbilang mengenaskan. Kondisi terparah terjadi di ruangan kelas satu, dimana bangunan tersebut sudah tak digunakan. Beberapa kayu penyangga ruangan ini keropos. Begitu juga dengan plafon atap yang beberapa kali runtuh.

Selama empat bulan, pihak sekolah harus mencampur antara siswa kelas satu dengan siswa lainnya. Pihak sekolah khawatir, kondisi ini akan membuat siswa ketakutan belajar, apalagi saat turun hujan. "Mau tak mau, siswa harus dipindahkan. Dari pada makan korban," terang Kepala Sekolah SDN Mentaos Sri Endah, Minggu (19/4/2009).

Bangunan berukuran 8 X 7 meter itu roboh akibat angin kencang yang dibarengi hujan deras. Saat itu, siswa tengah menjalani aktivitas belajar. Beruntung, kejadian ini tak memakan korban baik. "Saat itu siswa belum pulang sekolah. Tiba-tiba atap gedung ambruk," terangnya.

Endah mengaku, sejak 1994 lalu, gedung ini sama sekali tak pernah dijamah perbaikan. Sehingga, kondisi gedung perlahan mengalami kerusakan tanpa ada perbaikan karena tak ada anggaran.

"Kami sudah dua kali mengajukan bantuan rehab gedung ke Dinas Pendidikan. Namun, permintaan tak juga meluluskannya. Tahun ini, ada sinyal jika sekolahnya itu akan dikucuri bantuan," harapnya.

Robohnya gedung sekolah ini menurut Endah, telah dilaporkan kepada Dindik setempat. Dia mengaku akan melaporkan secara tertulis musibah itu. Rencananya, Disdik akan meninjau lokasi sekolah roboh tersebut. "Sekalian kita akan mengajukan bantuan rehab gedung. Dan hal ini sudah kita bicarakan dengan komite sekolah," pungkasnya. (Tritus Julan/Koran SI/teb)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2009/04/19/1/212005/1/lagi-gedung-sd-roboh-di-jombang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar